h1

Produk Inovasi Dalam Negeri

Maret 30, 2010

Artikel mengenai produk yang sangat inovativ dari dalam negeri untuk menghemat bahan bakar, di ambil dari  * © 2010 Majalah Pengusaha – Referensi Usaha Anda* 

     Monday, 22 March 2010
    Wahyuningsih Kurniawati

    Hendry Martin, Berjaya Lewat Produk   Otomotif yang Inovatif

     Kesibukannya sebagai professional di perusahaan telekomunikasi tak menyurutkan langkahnya untuk membesut usaha bengkel motor yang menjadi salah satu hobinya. Auto Clinic Dysha Motorsports (DMS), miliknya tak sekedar memberikan pelayanan servis, namun juga menciptakan produk otomotif yang inovatif.

 “Anda bisa memulai bisnis dari hobi”. Petuah seperti sering diutarakan oleh pebisnis yang sukses. Menurut mereka dari hobi, seseorang bisa menjalankan bisnis dengan sepenuh hati serta mengetahui secara detail usaha yang dijalankan. Itu pula yang dilakukan Hendry Martin. Ia mengakui bahwa ‘resep’ tersebut sudah terbukti manjur. Maka kendati ia tiap hari harus bergelut dengan bidang telekomunikasi, kegilaannya terhadap dunia otomotif tak pernah surut.

Untuk mewujudkan hobi serta ide-ide yang ada dalam benaknya, Martin, kemudian mendirikan DMS pada tahun 2003. Ia banyak mendengarkan keluhan customer yang datang ke bengkelnya. Dari situlah muncul ide inovatif untuk mewujudkan keluhan maupun masukan yang ia peroleh. Dengan dibantu tujuh orang karyawan pada workshop dan tiga orang pada produksi, Martin mencoba menelurkan produk baru yang inovatif.

Salah satu produk inovatif terbaru yang ia ciptakan yaitu generator versi ketiga, HHO. Martin menyebutnya hydrogen power saver, dimana teknologinya mampu mengoptimalkan kerja bahan bakar sehingga mampu menghemat hingga 80% bahan bakar. Martin mencontohkan, mobil yang biasa ia pakai yaitu Volvo seri 850, yang awalnya perbandingan bensin 1 liter untuk 5,3 kilometer, sekarang mampu 1 liter untuk 14,3 kilometer!

Produk ini cocok sekali melihat bahwa pemerintah akan menerapkan sanksi pidana terhadap kendaraan tidak lulus uji emisi yang akan dilakukan di tahun 2010. Uji emisi ini sendiri bermanfaat untuk mengetahui efektivitas proses pembakaran bahan bakar pada mesin dengan cara menganalisis kandungan karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) yang terkandung di dalam gas buang. Selain itu, uji emisi ternyata berguna untuk mengetahui adanya kerusakan pada bagian-bagian mesin kendaraan serta membantu saat melakukan setting campuran udara dan bahan bakar dengan tepat..

Martin menjamin, bahwa jika mobil yang menggunakan hydrogen power saver akan lolos uji emisi, termasuk pada mobil-mobil tua. “Sekarang ada uji emisi, rata-rata mobil tua susah lulus uji emisi, saya bantu bisa lulus uji emisi, saya warranty, cash back 100%. Kalau tidak lulus uji emisi saya balikin duitnya cash,” ujar ayah dari dua anak ini sembari menambahkan bahwa DMS yang ia tawarkan ini adalah sebuah teknologi.

Selain itu adapula DC booster, CDI stabilitzier DC/AC, electric stabilitzerAC/DC, hydrogen generator, relay lampu, sampai pada cairan yang mampu memandulkan karat tangki. Untuk cairan pemandul karat tangki ini, menurut Martin, hal ini dikarenakan setiap motor dan mobil tangkinya pasti melewati proses kimia (karatan,-red) tersebut. Apabila dicampurkan dengan cairan yang DMS racik, tangki yang sudah berkarat itu mandul dan tidak akan berkarat lagi.

Kini DMS juga telah memiliki  agen/ reseller yaitu yang berada di Kebun Jeruk, Tegal, BSD Serpong, Rawamangun. Martin menuturkan terdapat juga agen kecil, tapi pemasarannya lewat komunitas. “Jadi ada salah satu teman pengurus dari BKRC, klub Kawasaki, klub Honda Revo, kita jual ke mereka dengan branded-nya mereka. Barang dari saya, tapi saya jual ke mereka dengan brand mereka. Misalnya klubnya BKRC, kita bikin barangnya BKRC performance boster, padahal dalaman alat ini sama dengan dalaman alat kita,” tutur pria lulusan Telekomunikasi Politeknik Andalas ini.

Note: telah disunting dari artikel aslinya

One comment

  1. bagus…
    doakan saya dapat alat yang lebih mudah di terapkan…



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: